Rabu, 15 Februari 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari system komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).
Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia selalu mengadaptasi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan internet mulai menjadi “makanan” sehari-hari yang dikenal dengan teknologi berbasis internet (internet based technology).
Zaman dahulu sebelum berkembangnya teknologi, orang-orang Indonesia harus menempuh jarak yang jauh untuk mengantarkan sebuah surat atau pesan kepada orang lain.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dimulai dengan hadirnya Satelit Palapa yang memudahkan arus komunikasi dan teknologi. Setelah itu perkembangan di lanjutkan dengan berkembangnya jaringan sellular, yaitu GSM yang pertama di Indonesia, yakni sebuah teknologi komunikasi bergerak yang tergolong dalam generasi kedua (2G).

Perkembangan Internet
 
Tahun
Perkembangan Internet
1972
Pada tanggal 23 Maret Ray Tamlinson mengubah nama ARPA menjadi DAPRA (Defense Advanced Research Project Agency). Kemudian dia menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANet dengan memperkenalkan ikon @ sebagai lambing penting yang berarti “at”.
1973
ARPANet mulai dikembangkan di AS.
1975
Pada bulan Juli ARPANet dipindahkan oleh DAPRA ke Badan Komunikasi Pertahanan, sekarang bernama Badan Sistem Informasi Pertahanan atau Defence Information System Agency.
1977
Komputer yang bergabung dengan jaringan ARPANet sudah lebih dari 100 komputer.
1981
France Telecom berhasi membuat telepon televisi pertama.
1981
Vinton Cerf mengusulkan untuk lembaga-lembaga yang tak memiliki akses ke ARPANet, agar membuat koneksi antar jaringan antara CSNET dan ARPANET.
1982
TCP/IP mulai digunakan sebgai sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan.
1984
Diperkenalkan system nama domain (DNS) yang berfungsi untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan computer.
Pada tahun ini juga, ARPANet dibagi menjadi dua jaringan yaitu MILNET dan ARPANet.
1986
NSFNET dibangun dengan kecepatan backbone 56 kbps.
1987
Jumlah computer yang tersambung ke jaringan melonjak menjadi 10.000 lebih.
1988
Jarko Oikarinen memuat dan memperkenalkan program IRC, yaitu program untuk chatting.
1989
Jumlah computer yang terhubung  ke jaringan kembali melonjak. Lebih dari 100.000 komputer telah membentuk sebuah jaringan.
1990
Timothy Berners Lee menciptakan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu computer dengan computer lainnya yang membentuk jaringan. Program ini disebut dengan WWW.
Pada tahun ini juga ARPANet dibubarkan oleh DoD.
1990
Sambungan T3 sedang dibangun. Departemen Pertahanan AS menghentikan ARPANet dan digantikan leh backbone NSFNET.
1992
Pada bulan November layanan informasi online nasional, Delphi menjadi layanan yang  pertama yang’s membuka sebuah gataeway ke internet.
1993
NSFNET membuat interNIC untuk menjalankan internet service seperti melayani pendaftaran nama Domain.
1994
Pertama kali virtua-shooping atau e-retail muncul di Internet.
PAda tahun ini juga, Yahoo! Didirikan, serta netscape navigator 1.0 diciptakan.
2001
Internet mendapatkan QOS untuk suara dan video.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar